8 Tips Pesan Tiket Kereta Api Online

Tidak Perlu Antri, Ini 8 Tips Pesan Tiket Kereta Api Online

8 Tips Pesan Tiket Kereta Api Online

Perkembangan teknologi, menjadikan cara pesan tiket kereta api semakin mudah dilakukan. Tidak lagi manual antri di depan loket dan berebut dengan penumpang lain, kini tiket kereta dapat dipesan secara online. Bukan hanya lebih mudah, namun juga membuat Anda bebas antri dan berdesakan di loket. Lebih dari itu, pemesanan tiket kereta api online ini juga dapat dilakukan kapan dan di mana saja. Untuk Anda yang ingin mencoba membeli tiket kereta api online, berikut 8 tipsnya:

Ada banyak, cari situs pesan tiket kereta api terpercaya

Dengan tingkat minat pemesanan tiket kereta api online yang sangat tinggi, ada banyak alternatif situs yang dapat Anda manfaatkan. Supaya mendapatkan pilihan situs pemesanan tiket yang terbaik, Anda harus sangat selektif dalam memilih. Jangan terburu-buru memilih hanya karena penawaran harganya lebih murah atau promo yang menarik. Sangat disarankan untuk membeli di situs resmi PT KAI yang lebih terjamin.

Sayangnya pelayanan situs PT KAI ini juga terbatas. Dengan serbuan peminat yang mencapai ribuan, situs bisa sulit dibuka hingga mengalami crush down. Jika hal tersebut terjadi Anda dapat memilih situs alternatif yang lain, dengan mempertimbangkan beberapa hal. Salah satunya telah diklaim sebagai mitra resmi PT KAI. Atau situs dengan fitur pesan tiket terbaik dan lebih mudah. Juga situs yang menjual tiket langsung tidak melalui pihak kedua atau ketiga.

Bandingkan harga

Kelebihan melakukan pemesanan tiket kereta api online tidak hanya membuat Anda bebas antrean. Melainkan juga membuat Anda dan calon penumpang lainnya memiliki alternatif penawaran harga tiket yang berbeda-beda. Tidak hanya untuk tujuan yang berbeda, bahkan untuk tiket kereta dengan tujuan yang sama juga dapat ditawarkan dengan harga yang lebih bervariasi. Pastikan Anda tahu tentang hal ini dan memanfaatkannya untuk tiket kereta api yang lebih murah.

Sebelum melakukan pemesanan tiket kereta api online, pastikan untuk melakukan survei harga terlebih dahulu. Anda dapat melakukannya dengan membandingkan harga tiket dari PT KAI sendiri dan situs pembelian tiket kereta api online lainnya. Atau Anda juga dapat melakukan survei harga, sesuai jadwal berdasarkan jadwal keberangkatan. Dari survei yang Anda lakukan, temukan harga paling murah dan pesan segera.

Beli sejak jauh hari

Untuk Anda yang telah terbiasa melakukan pemesanan tiket kereta api online melalui PT KAI, tentu sudah terbiasa melakukannya. Anda tidak bingung lagi dengan fiturnya hingga jadwal dibuka penjualan tiket. Namun bagaimana dengan Anda yang belum pernah melakukannya? Pastikan tahu lebih banyak informasi mengenai tiket kereta api online ini. Terutama mengenai jadwal dibukanya pemesanan tiket sejak 90 hari sebelum keberangkatan.

Tahukah Anda jika selama ini PT KAI telah menjual tiket untuk umum sejak 90 hari sebelum jadwal keberangkatan? Hebatnya lagi, ketersediaan tiket H-90 jadwal keberangkatan ini tidak hanya bisa didapatkan di PT KAI saja. Melainkan di semua situs jaringan mitra resmi PT KAI. Itu artinya tiket kereta api telah tersedia sejak 3 bulan sebelum berangkat. Untuk jadwal keberangkatan peak season, Anda dapat memesannya sejak jauh hari, sehingga tidak sampai kehabisan.

Beli saat promo

Belanja saat promo akan membuat biaya yang Anda keluarkan lebih hemat. Demikian pula dengan pembelian tiket kereta api online. Untuk mendapatkan harga tiket terbaik, Anda tidak hanya dapat melakukan pemesanan sejak jauh hari. Melainkan juga dapat melakukannya dengan memanfaatkan masa-masa promo yang ditawarkan situs penjualan tiket kereta api online. Bukan hanya tiket murah, namun masa promo ini juga dapat menawarkan keuntungan lainnya.

Beli tiket kereta api saat promo

Baik saat melakukan pemesanan di PT KAI hingga situs-situs mitra resmi yang menjual tiket kereta api online, pastikan untuk melakukannya saat masa promo. Biasanya tiket promo ini diberikan di akhir minggu. Atau bisa jadi juga diberikan saat masa-masa liburan sekolah dan akhir tahun. Bahkan beberapa situs selain PT KAI, masa promo diberikan di tanggal-tanggal unik. Pastikan Anda terus memantau perkembangan situs penjualan tiket kereta api online, sehingga mendapat promo terbaik.

Waktu pesan tiket yang tepat

PT KAI secara resmi telah menyatakan jika pembukaan pertama tiket keberangkatan dilakukan pada jam 00.00 WIB setiap hari. Itu artinya, saat penjualan dibuka, dapat dipastikan ada banyak orang yang berebut untuk memesan tiket. Perebutan ini akan semakin ketat saat dilakukan pada waktu-waktu liburan panjang, liburan akhir tahun, lebaran hingga natal. Jika tidak cepat, peluang Anda mendapatkan tiket akan hilang.

Tidak kebagian tiket pada percobaan pembelian pertama? Jangan panik. Tidak semua pembeli yang telah mendapatkan tiket, mampu melakukan pembayaran dengan cepat, benar dan diterima dengan baik. PT KAI sendiri memberikan jangka waktu pembayaran tiket selama 3 jam setelah pemesanan. Jika dalam jangka waktu tersebut pembayaran gagal dilakukan, maka tiket akan tersedia untuk orang lain. Untuk itu pantau terus dan lakukan pembelian kembali pada pukul 03.00 WIB.

Satu harga, tidak ada tambahan

Salah satu hal yang banyak sekali diremehkan para pemburu tiket kereta api online ini adalah tidak membaca aturan pesan tiket yang berlaku. Pada akhirnya setelah tiket resmi dipesan dan lunas dibayar, ada beberapa ketentuan yang justru merugikan untuk Anda. Seperti adanya penambahan biaya saat tiket dikonfirmasikan ke loket dan sebagainya. Hal ini tentu akan merugikan untuk Anda, karena dapat membuat bujet membeli tiket membengkak.

Untuk menghindari hal tersebut, pastikan untuk membaca dengan baik ketentuan pesan tiket online dari situs yang Anda pilih. Dari ketentuan tersebut, Anda juga harus memastikan kebijakan harga tiket yang diterapkan pada situs penjualan tiket. Seharusnya situs penjualan tiket kereta yang bertanggung jawab, hanya akan memberikan satu harga seperti yang tertera pada situs. Tidak ada biaya tambahan yang dikenakan sehingga bujet Anda tetap lebih hemat.

Cara pembayaran paling mudah

Ada banyak keuntungan yang bisa Anda dapatkan dengan melakukan pemesanan tiket kereta api online. Bukan hanya bebas antri dan mendapatkan harga terbaik , namun juga tersedianya cara pembayaran paling mudah. Baik PT KAI dan juga mitra resmi yang bekerja sama dengannya, telah menyediakan cara pembayaran yang sangat beragam. Dari mulai pembayaran melalui ATM, debit otomatis, kartu kredit, e-banking, mobile banking dan sebagainya.

Dari variasi cara pembayaran ini, pastikan Anda memilih yang paling mudah. Artinya pilihan cara pembayaran ini harus disesuaikan dengan kemampuan Anda. Jika memiliki kartu kredit, Anda dapat melakukan pembayaran dengan kartu kredit. Namun jika Anda hanya memiliki rekening di bank, Anda dapat melakukan pembayaran melalui ATM, banking hingga debit otomatis. Bahkan Anda dapat memanfaatkan banyak merchant pembayaran yang ditawarkan mitra semisal dompet online.

Koneksi internet stabil

Dibalik keuntungannya yang memudahkan banyak calon penumpang, pembelian tiket kereta api online juga memiliki beberapa kelemahan. Salah satunya adalah keharusan dalam penggunaan koneksi internet yang stabil. Dengan ribuan calon penumpang lain yang berebut tiket pertama, Anda dapat bayangkan tingkat persaingannya dalam mendapatkan tiket tersebut. Jika Anda tidak memiliki koneksi internet stabil, peluang Anda pasti direbut yang lain.

Saat koneksi internet tidak stabil, Anda dapat mengalami banyak kendala selama proses pemesanan tiket kereta api online. Seperti saat memvalidasi data, jika internet tidak stabil maka pesanan akan batal. Atau saat pembayaran, jika internet tidak stabil maka pelunasan tidak terjadi. Jika dalam 3 jam pelunasan tiket tidak terjadi, maka tiket akan diambil orang lain. Pastikan koneksi internet lebih stabil sehingga pesan tiket kereta online menjadi lebih mudah dan selesai dengan cepat.

2 thoughts on “Tidak Perlu Antri, Ini 8 Tips Pesan Tiket Kereta Api Online”

  1. Benar sekali mas. Mudahnya naik kereta saat ini, sudah ditunjang dengan inovasi yang dilakukan pihak KAI. Setiap dua Minggu saya ke Bandung, berburu tiket lewat mitra KAI menjadi solusinya. Alhasil, asal selalu mantengin aplikasi tersebut, ada saja yang membatalkan, biasanya H-1 sebelum pemberangkatan. Biasanya saya pulang Jumat, dan selalu penuh. Dan solusinya saya pantengin hari Kamis hingga pukul 00.00, kalo tidak ada yang cancel, mau tidak mau harus on the spot atau mendatangi langsung tiket pembelian di Gambir. Pengalaman lewat aplikasi seru juga, dan proses pembatalan pun mudah dilakukan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *