Penjelasan Tentang Tingkatan Stadium dan Obat Herbal Kanker Serviks Stadium 4

kanker serviks

Stadium kanker serviks yang menyerang bagian leher rahim merupakan sebuah sistem pengelompokan tingkat keparahan penyakit satu ini. Apabila stadium dari kanker serviks yang diidap seseorang semakin tinggi, maka penyebaran sel kanker sudah mulai menyebar luas. Tingkatan kanker serviks sendiri dibagi menjadi 4. Tetapi, ada juga sebagian ahli medis yang mengelompokkannya mulai dari stadium 0. Selain operasi dan terapi, apakah ada obat herbal kanker serviks stadium 4?

Kelompok Tingkatan Stadium Kanker Serviks

Sebelum masuk pada pembahasan terkait obat herbal untuk kanker serviks, berikut ini beberapa pengelompokkan tingkat stadiumnya melansir dari SehatQ

1. Stadium 0 Kanker Serviks

Tingkatan pertama adalah stadium 0 pada kanker serviks, di mana biasanya pasien sudah terdeteksi adanya kemunculan sel prakanker di area dinding leher rahim. Namun, sel-sel kanker tersebut belum sampai masuk ke dalam inti bagian leher rahim. Stadium 0 kanker biasanya disebut juga sebagai carcinoma in situ.

Pada tingkatan stadium 0, umumnya pasien tidak akan merasakan gejala apa pun di tubuh. Hanya saja pada perempuan yang rutin melakukan pemeriksaan kanker serviks, bisa lebih cepat terdeteksi. Jadi, pengobatan dapat segera dilakukan untuk mencegah pertumbuhan sel kanker. Seseorang yang masih berada pada stadium 0, masih ada peluang besar untuk sembuh. 

Ilustrasi kanker serviks atau disebut leher rahim. Gambar: SehatQ

2. Stadium 1 Kanker Serviks 

Tingkatan kedua adalah stadium 1 kanker serviks, dimana sel-sel kanker yang berada pada permukaan leher rahim sudah masuk semakin dalam ke jaringan tubuh. Pada tingkatan ini, sel kanker belum menyebar terlalu luas ke kelenjar getah bening yang posisinya terdekat maupun ke jaringan jauh. Berikut tingkatan pada stadium 1 kanker serviks: 

Baca Juga  Ingin Meratakan Gigi? Ketahui Dulu Penyebab Gigi Tonggos

1. Stadium 1A

Stadium kanker 1A ini dimana dimana jumlah sel kanker masih sangat sedikit, sehingga besar kemungkinan pasien tidak mengalami gejala fisik yang berat atau terlihat. Tingkatan stadium 1A juga dibagi dua menjadi: 

  • Stadium 1A1, memiliki sel kanker yang baru tumbuh dengan ukuran kurang dari 3 mm dari permukaan jaringan serviks. 
  • Stadium 1A2, memiliki sel kanker dengan ukuran lebih besar sekitar 3-5 mm ke dalam jaringan serviks.

2. Stadium 1B

Stadium kanker serviks juga termasuk tingkatan yang menunjukkan bahwa sel kanker belum menyebar ke jaringan lain yang berada di dekat maupun jauh dari lokasi awal. Namun, agak sedikit berbeda, pada tingkat ini dibagi menjadi tiga tingkat, yaitu:

  • Stadium 1B1, dimana sel kanker sudah tumbuh dengan besar sekitar 5 mm ke dalam jaringan leher rahim, namun ukurannya tidak akan lebih dari 2 cm. 
  • Stadium 1B2, yaitu ukuran sel kanker lebih dari 2 cm, namun tidak lebih dari 4 cm.
  • Stadium 1B3, yaitu ukuran kanker berkembang hingga 4 cm. Namun, lokasinya memang terbatas di serviks saja.

3. Stadium 2 Kanker Serviks Stadium 2

Tingkat ketiga yaitu stadium 2 dimana kondisinya, sel kanker menyebar ke luar jaringan serviks dan juga bagian rahim. Namun, sel-sel kanker tersebut belum menyebar sampai ke bagian dinding panggul. Stadium 2 ini dibagi menjadi dua tingkat lebih spesifik, yaitu:

  1. Stadium 2A, dimana sel kanker sudah menyebar ke jaringan serviks dan rahim, tetapi belum ke jaringan sebelah serviks atau parametria. Ini juga dibagi lagi menjadi dua, yaitu 2A1 dengan ukuran tidak lebih dari 4cm, sedangkan pada 2A2 ukurannya sudah melebihi dari 4 cm.
  2. Stadium 2B, sel kanker sudah menyebar ke jaringan serviks, rahim, dan parametria.
Baca Juga  Tumbuh Kembang Anak Indonesia Terjamin dengan Nutrisi yang Terjaga

4. Stadium 3 Kanker Serviks 

Tingkatan keempat adalah stadium 3 kanker serviks, yang ditandai dengan menyebarnya sel kanker ke bagian bawah vagina atau dinding panggul. Selain itu, pertumbuhan sel kanker tersebut ternyata juga bisa menyumbat ureter atau saluran yang dilewati urine. Namun pada stadium ini, sel kanker dipastikan belum menyebar ke jaringan yang posisinya sangat jauh dari titik awal. Stadium 3 dibagi menjadi beberapa tingkat keparahan sebagai berikut: 

  1. Stadium 3A, kondisi dimana sel kanker sudah menyebar ke bagian bawah vagina, tapi tidak ke bagian dinding panggul.
  2. Stadium 3B, kondisi dimana sel kanker sudah menyebar ke dinding panggul dan umumnya akan menyebabkan penyumbatan ureter. 
  3. Stadium 3C, kondisi menunjukkan bahwa sel kanker sudah mencapai kelenjar getah bening di bagian panggul atau para-aorta.

5. Stadium 4 Kanker Serviks

Tingkat kelima merupakan stadium 4 dan ini menjadi paling berat bagi penderita karena sel kanker sudah menyebar secara luas ke beberapa bagian yang lokasinya jauh dari serviks. Beberapa bagian yang dimaksud seperti tulang hingga paru-paru. Stadium 4 dibagi menjadi 2 tingkatan, yaitu: 

A. Stadium 4A, kondisi dimana sel kanker sudah menyebar ke kandung kemih. 

B. Stadium 4B, kondisi dimana sel kanker mulai menyebar ke beberapa area dalam tubuh yang sudah jauh dari serviks, seperti kelenjar getah bening paru-paru, hingga ke tulang.

Obat Herbal Kanker Serviks Stadium 4

Walaupun tidak disebutkan secara spesifik untuk tingkat keparahannya, namun jika melansir dari Hello Sehat berikut ini ada beberapa obat herbal kanker serviks yang bisa dicoba seperti: 

1. Kemangi

Kemangi mungkin lebih sering dikonsumsi sebagai lalapan yang disantap dengan beberapa sayuran lainnya, bukan? Namun, nyatanya daun kemangi juga memiliki manfaat kesehatan untuk bantu dalam pengobatan kanker serviks, lho. Penjelasan dari jurnal Media Farmasi yang dilansir dari Hello Sehat diketahui bahwa daun kemangi punya kandungan ekstrak etanol dan berpotensi bersifat sitotoksik dan apoptosis. Dimana kandungan tersebut mampu menghambat perkembangan sel kanker serviks. 

Baca Juga  Perut Kembung karena Masuk Angin? Ini Solusinya!

2. Biji Sirsak

Kemudian ada juga biji sirsak dengan mengolah bagian daging dari buahnya untuk obat herbal kanker serviks. Pasalnya, ekstrak etanol yang terkandung di dalam biji sirsak  diketahui memiliki sifat antikanker dan sangat membantu pasien kanker serviks.

Selain itu, annoceous acetogenin juga salah satu senyawa yang ada dalam biji sirsak dan dipercaya mampu bekerja efektif untuk menghambat sekaligus membunuh sel kanker secara selektif.

Tak hanya dua bahan alami di atas, tapi ada juga daun Teratai yang menjadi salah satu obat herbal untuk mengatasi kanker termasuk kanker payudara. Tanaman Teratai sendiri memiliki banyak sekali kandungan senyawa seperti flavonoid dan alkaloid, yang perannya sebagai antioksidan untuk membantu menetralkan seluruh molekul reaktif atau lebih dikenal dengan radikal bebas. 

Melihat banyak kegunaan untuk kesehatan tubuh termasuk dalam pengobatan serta pencegahan kanker, Daunteratai mulai mengeksplorasi ekstrak daun dari tanaman satu ini sebagai obat herbal dan dinamai CS-30. Bahkan kamu bisa langsung melakukan konsultasi terlebih dahulu di sini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *