Cara Monitor Kinerja Karyawan Saat WFH

Monitor Kinerja Karyawan Saat WFH Melalui 5 Hal Ini

Sejak pandemi, sudah semakin banyak perusahaan yang menerapkan sistem WFH. Bahkan tidak sedikit perusahaan yang memutuskan untuk terus menerapkan sistem kerja ini meskipun pandemi kelak sudah berakhir.

Jika demikian, maka perusahaan perlu menyiapkan berbagai hal untuk memantau kedisiplinan karyawan dari jarak jauh. Hal ini dibutuhkan agar produktivitas karyawan bisa tetap terjaga sehingga tidak mengganggu performa perusahaan secara keseluruhan.

sistem WFH
Ilustrasi meeting online saat WFH

Cara Memantau Kinerja dan Kedisiplinan Karyawan Saat WFH

Ingin tahu bagaimana cara memantau kedisiplinan karyawan saat WFH? Berikut informasinya untuk Anda.

1. Lacak kehadiran karyawan

Cara pertama yang bisa Anda lakukan adalah dengan melacak kehadiran karyawan. Saat karyawan bekerja di kantor, mereka dapat menggunakan fingerprint. Namun ketika berada di rumah, tentu hal tersebut tidak memungkinkan untuk dilakukan.

Absensi karyawan via aplikasi
Ilustrasi karyawan melakukan absensi saat wfh secara online

Untuk mengatasi hal tersebut, Anda bisa menggunakan aplikasi absensi untuk karyawan. Saat ini sudah banyak aplikasi yang bisa Anda gunakan. Pilih aplikasi yang memiliki fitur lengkap sehingga kedisiplinan jam hadir karyawan dapat dipantau secara akurat dan real time.

2. Selalu jaga komunikasi dengan karyawan

Meskipun berada di lokasi yang berbeda, Anda harus tetap menjaga komunikasi dengan karyawan Anda. Hal ini dibutuhkan agar Anda bisa mengetahui bagaimana progress dari pengerjaan tugas yang mereka harus selesaikan serta mengetahui apa saja kendala-kendala yang mungkin mereka hadapi.

Komunikasi via video call saat wfh
Karyawan yang berkomunikasi atau meeting dengan video call

Gunakan aplikasi chat yang bisa digunakan untuk kolaborasi tim seperti Slack. Dengan menjaga komunikasi yang baik, Anda tetap dapat terhubung dengan karyawan sehingga kedisiplinan karyawan tetap dalam pantauan.

3. Pastikan karyawan memenuhi jam kerja

Kerja WFH atau remote working memang dikenal sebagai sistem kerja yang fleksibel. Meskipun demikian, karyawan harus memenuhi jam kerja yang sudah ditetapkan oleh perusahaan. Pada umumnya, perusahaan akan mengharuskan karyawan untuk dapat bekerja selama 40 jam dalam seminggu.

Wfh sesuai jam kerja

Untuk melacak hal tersebut, Anda dapat menggunakan attendance management software yang dapat menghitung total kerja karyawan. Dengan menggunakan alat tersebut, Anda akan mengetahui siapa saja yang tidak disiplin dalam memenuhi jam kerja mingguan.

4. Cek laporan harian

Karena karyawan bekerja dari jarak jauh, maka setiap perusahaan sebaiknya meminta karyawan untuk membuat laporan harian mengenai tugas-tugas apa saja yang sudah mereka kerjakan dalam satu hari.

Cek laporan harian karyawaan saat wfh

Dari laporan tersebut, Anda dapat mengetahui apa saja yang mereka lakukan selama bekerja. Dari sistem pelaporan harian ini juga, Anda dapat memantau bagaimana progress dari tugas yang dikerjakan oleh karyawan.

5. Sistem pelacakan lokasi

Nah, jika Anda memiliki karyawan yang bekerja secara mobile seperti marketing atau sales, Anda akan membutuhkan aplikasi untuk melacak lokasi karyawan. Biasanya aplikasi tersebut sudah dilengkapi dengan sistem GPS tracking sehingga dapat memantau lokasi karyawan ketika sedang bekerja.

Melacak lokasi karyawan saat wfh

Meskipun perusahaan seharusnya memberikan kepercayaan kepada karyawan, namun dengan menggunakan aplikasi tersebut, Anda benar-benar bisa memantau kedisiplinan karyawan yang bekerja dari jarak jauh. Dengan memiliki aplikasi yang bekerja secara real time, maka pihak perusahaan tidak akan lagi menerka-nerka apakah karyawan benar-benar melakukan tugasnya saat jam kerja.

Dengan kemajuan teknologi, kedisiplinan karyawan dapat tetap Anda pantau secara real time walau Anda dan karyawan berada di lokasi yang berbeda. Sudah seharusnya perusahan-perusahan melakukan berbagai persiapan untuk menghadapi future working system seperti sistem kerja WFH ini.

Beragam pilihan aplikasi tersedia untuk melakukan proses monitoring karyawan secara online. Tentukan aplikasi terbaik sesuai kebutuhan dan keunggulan yang dimiliki tiap-tiap aplikasi tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *