Jadi Kaya seperti Miliarder

Mimpi Jadi Orang Kaya? Coba Ikuti 5 Kebiasaan Para Miliarder

Setiap orang tentu memiliki keinginan menjadi orang kaya dan dibutuhkan sebuah perencanaan keuangan yang baik dan detail. Bahkan tidak hanya membuat perencanaan keuangan, cara pengelolaan keuangan juga harus sama baiknya sehingga tidak keluar jalur dari perencanaan keuangan yang telah dibuat sebelumnya.

Bicara mengenai keinginan menjadi orang kaya, semua itu tentu akan ada motivasi dan tujuannya bahkan harus melihat contoh dari para miliarder di dunia. Seperti yang dilansir dari Forbes.com hingga tahun 2017 hingga 2019 saat ini ada 2,043 miliarder di dunia. Jika dirata-rata, berarti selama 10 tahun terakhir sebanyak 1,106 para miliarder baru bermunculan. Wow banget yah, dan angka ini terbilang cukup besar dalam sisi pertumbuhan ekonomi. Kenapa bisa sampai sebegitu besar jumlah miliarder baru saat ini?

Jika dilihat dan ditelusuri lebih dalam, ternyata para miliarder tersebut memiliki kebiasaan yang sama dan ini menjadi faktor utama dalam membantu mereka dalam mengumpulkan kekayaannya. Berikut ini 5 kebiasaan para Miliarder yang bisa dijadikan contoh untuk Anda menjadi seorang yang kaya raya:

Wirausaha dan Cari Tantangan

Jadi Wirausaha
Jadi seorang wirausaha atau enterpreneur dan menyukai tantangan

Semua pasti tahu Bill Gates dong, 7 dari 10 miliarder papan atas dari daftar Forbes.com. Saat ini Bill Gates memiliki kekayaan bersih mencapai $86 miliar adalah seorang wirausaha. Profesi sebagai wirausaha ini sudah mulai dirintis ketika masih terdaftar sebagai mahasiswa di Harvard University. Hebat yah!

Keputusannya menjadi seorang wirausaha tentu cukup berani karena ia belum memiliki pengalaman dalam menjalankan usahanya tersebut. Meskipun memang ketika itu posisi dan timingnya sangat tepat khususnya dalam hal pengembangan software. Meskipun demikian, waktu yang ia korbankan dengan usaha keras demi mencapai kesuksesan dalam bisnisnya tidaklah sedikit.

Jika saat ini Anda sudah memulai membangun sebuah usaha, Anda sudah on the track. Namun ketika mengalami kesulitas dalam membangun dan mengembangkan bisnis maka cobalah untuk terus kerja keras. Jika diperlukan, Anda ikuti semua tips dan trik usahanya Bill Gates.

Terapkan Hidup Sederhana

Hidup Sederhana dan Hemat
Menerapkan hidup sederhana dan hemat di kehidupan sehari-hari

Banyak pendapat yang beredar jika seorang miliarder akan memiliki gaya hidup eksklusif dan mewah. Namun, kenyataannya berbanding terbalik dimana para miliarder tersebut justru berhasil karena memiliki pola hidup yang sederhana. Jika dicontohkan, Warren Buffet yang merupakan miliarder no.2 dalam daftar miliarder Forbes.com.

Jika dilihat dari jumlah kekayaan Warren Buffet yang mencapai $ 75.2 miliar itu didapat dari gaya hidup sederhana dan hemat. Bahkan ia berani berinvestasi ketika usianya masih terbilang sangat muda. Berani yah! Bayangkan saja, disaat usia 26 tahun Warren Buffet telah berhasil membuat dan menyelamatkan hari modern yang nilainya setara $ 1 juta lebih.

Faktor hidup sederhana dan hemat ini yang membuat seorang Warren Buffet mampu mengendalikan Berkshire Hathaway. Jadi, ingin menjadi orang kaya raya, mulai dari sekarang berusaha untuk hidup sederhana dan hemat!

Buatlah Visi yang Jelas, dan Berusaha Wujudkan

Buat Visi yang Jelas
Coba buat sebuah visi, misi, dan tujuan yang jelas kemudian usaha keras untuk mewujudkannya.

Hampir seluruh miliarder di dunia mempunyai sebuah visi jauh tentang masa depan dan berfikir bagaimana cara untuk bisa memanfaatkan peluang sekecil apapun. Siapa contohnya untuk point ini? Yap, kita bisa lihat Sergey Brin dan Larry Page yang merupakan salah satu pendiri Google dengan jumlah kekayaan masing-masng mencapai $ 17.5 miliar.

Kesuksesan dua orang ini mendirikan mesin pencari Google karena melihat kemungkinan internet akan menjadi sumber informasi yang bisa diakses oleh seluruh masyarakat di dunia. Bahkan kini, Google bisa dibilang satu-satunya mesin pencari informasi di dunia mengalahkan Microsoft dengan Bing dan Yahoo yang lebih dulu muncul. Sergey Brin dan Larry Page saja bisa, masa kita nggak bisa?

Berani Ambil Resiko

Berani Ambil Resiko
Tidak takut dan berani mengambil semua resiko yang ada di depan

Kebiasaan dari para miliarder yang bisa diambil pelajaran adalah, usaha keras dan berani mengambil resiko. Mulai dari Bill Gates sang pendiri Microsoft atau Lawrence Ellison yang merupakan pendiri Oracle di mana keduanya berani mengambi sebuah keputusan untuk berhenti kuliah dan fokus pada usaha yang sedang mereka rintis.

Selain kedua miliarder tersebut, seorang manager investasi dan head fund yang terkenal di dunia George Soros mengambil resiko reputasinya dengan membuat taruhan yang nilainya mencapai miliaran dolar dimana ia menjamin bahwa poundsterling akan mengalami penurunan. Namun, akhirnya benar dan akhirnya ia mendapatkan keuntungan lebih dari $ 1 miliar hanya dalam 1 hari. Wow banget dah!

Jadi, ketika memutuskan untuk berwirausaha tentu kita harus siap dengan semua resiko yang ada di depan.

Bersabar

Tenang dan Bersabar
Tetap tenang dan bersabar dalam menghadapi setiap rintangan

Setiap usaha dan bisnis pada awalnya tentu akan mengalami turun naik dan kunci keberhasilan para miliarder dunia yang patut dijadikan contoh adalah mereka memilih sifat kesabarannya. Pernah dengan pemilik Amazon, Jeff Bezos yang merupakan mantan eksekutif Wal Street?

Sebelum besar dan sukses, Amazon dan Apple hanya menggunakan garansi rumah sebagai kantor. Banyak orang yang bertanya apakah bisnis online itu bisa besar dan menginfluence banyak orang? Dengan sabar dan terus berusaha mengembangkan Amazon, dirinya menjadi CEO Amazon dengan total kekayaan mencapai $84,1 miliar di tahun 22017 dan kini pasti terus bertambah seiring suksesnya Amazon menjadi perusahaan ecommerce terbesar di dunia.

Jadi, ingin seperti mereka? Cobalah dari sekarang membuat sebuah perencanaan, mulai dari perencanaan keuangan kemudian konsisten dan bersabar dan cobalah untuk membuka usaha meskipun masih dalam skala kecil dulu. Ingin mengulik bagaimana cara membuat perencanaan keuangan personal, keluarga ataupun bisnis Anda bisa mengunjungi portal perencanaan, edukasi dan informasi produk keuangan yaitu Duitologi.com.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *