Merawat Mesin Mobil

Merawat Interior dan Ruang Mesin Mobil Susah? Ini Tipsnya

Banyak portal dunia otomotif yang terus menerus menginformasi soal perawatan interior dan ruang mesin mobil. Yap, tidak ada yang salah dengan hal itu karena manfaatnya adalah membuat penumpang baik keluarga atau sanak kerabat menjadi lebih nyaman ketika berada di dalamnya. Apalagi di kawasan DKI Jakarta, telah diberlakukan aturan ganjil genap 2019 yang ruas jalannya diperbanyak. Bicara soal kebersihan, dalam agama Islam, ada hadist Nabi Muhammad yang berbunyi “Kebersihan itu Sebagian dari Iman”. Apapun itu selama dijaga kebersihannya, biasanya pasti baik dan nyaman. Bener nggak?

Perawatan dan kenyamanan khususnya dalam dunia otomotif mau mobil ataupun motor tentu memiliki keterikatan. Jika mobil atau motor bersih, pastinya akan nyaman dikendarai meskipun perjalanan yang ditempuh cukup jauh jaraknya. Apalagi mobil tersebut merupakan alat transportasi keluarga yang sering digunakan. Sebagai pemilik sekaligus anggota keluarga, tentu tidak menghendaki jika salah satu anggota keluarganya sakit karena kabin atau interior yang kotor atau kena virus lantara ruang mesin mobil diserang tikus karena kotor. Ini sudah ada loh beberapa kasusnya! Jadi hati-hati yah

Lap dashboard, bagian dari merawat interior mobil

Oleh karena itu, sebaiknya banyak bengkel resmi termasuk, Suzuki menyarankan untuk melakukan perawatan interior sekaligus pengecekan ruang mesin mobil secara berkala. Minimal 6 bulan sekali, khususnya ruang mesin yang menjadi fokus perhatian karena untuk ruang mesin dengan jangka waktu itu sudah lumayan kotor. Untuk itu, berikut ini ada 2 tips dalam melakukan perawatan interior dan ruang mesin mobil yang bisa dilakukan

Hindari Kandungan Asam (ACID)

Untuk menghindari serangan hama tikus di mesin mobil sekaligus menjaga setiap komponen yang ada di dalam biasanya dari pabrikan mobil memang diberikan lapisan anti karat. Meskipun demikian, lapisan anti karat tersebut tipis dan bisa berkurang kualitasnya setelah pemakaian selama 6 bulan lebih. Kondisi ini berarti ruang mesin mobil akan menjadi lebih kotor dan jika sering kena air maka tidak mungkin akan terjadi karat.

hindari cairan pembersih mesin mobil dengan kandungan acid

Jika sudah demikian kondisinya, biasanya si pemilik akan fokus menghilangkan karat menggunakan cairan pembersih yang mengandung asam (ACID). Tidak banyak salon-salon mobil yang menggunakan cairan pembersih yang mengandung acid untuk mempercepat sekaligus memudahkan dalam menghilangkan karat. Padahal penggunaan cairan yang mengandung asam ini jika terus menerus digunakan maka ruang mesin mobil akan korosi, apalagi sampai terkena blok mesin. Untuk ciri-ciri blok mesin terkena korosi adanya bintik-bintik putih.

Jadi, sebelum melakukan perawatan yang terkait ruang mesin maka pastikan cairan pembersih yang digunakan bebas dari kandungan asam yah!

Pilih Metode Uap

Layanan perawatan mobil seperti, merawat interior, eksterior hingga membersihkan ruang mesin mobil bukan hanya salon mobil atau bengkel umum namun kini bengkel resmi untuk beberapa merk mobil juga menyediakan layanan ini salah satunya bengkel resmi Suzuki (area Depok). Menurut penuturan Suryo atau Hari, bengkel resmi Suzuki menggunakan metode uap panas bertekanan. Metode ini sudah jelas bersih, lebih aman untuk mesin dan sistem kelistrikan bahkan ruang mesin bisa lebih kinclong.

Uap yang digunakan masih menggunakan air dan kemudian dimasukkan ke dalam mesin pemanas kukus seperti yang digunakan hotel-hotel berbintang. Menggunakan mesin tersebut, air akan diubah menjadi uap panas yang diberikan tekanan yang nantinya semburan uap inilah yang disemprotkan ke dalam ruang mesin mobil.

Gunakan metode uap untuk-bersihkan Jok Kulit

Tidak hanya menggunakan uap dari air sebagai bahan utama untuk proses pembersihan, namun air yang digunakan dicampur dengan pembersih khusus semacam engine degreaser namun tidak ada kandungan acid sehingga aman untuk media logam yang ada di dalam ruang mesin.

Tidak hanya untuk ruang mesin, jok yang menggunakan kulit sintesispun bisa dibersihkan dengan metode uap ini. Selain jok, saluran AC pun bisa menjadi bersih dan buat dinginnya maksimal. Cukup di sikat (ruang mesin) dan dilap menggunakan kain microfiber (interior) setelah itu beres. Metode uap ini prosesnya tidak lama bahkan lebih cepat (30 menit untuk interior).

Setelah selesai di uap, tahapan terakhir adalah finishing protection. Dalam tahapan ini ditambahkan lapisan anti karat dan juga anti hama tikus. Ini dilakukan karena cairan yang digunakan ada efek coating sehingga membuat ruang mesin jadi tambah kinclong da nada bau yang tidak akan disukai oleh tikus.

Tertarik melakukan perawatan ini? Pastikan Anda menyediakan budget untuk paket lengkap (ruang mesin dan interior) sebesar Rp 550 ribu. Jika hanya untuk pembersihan ruang mesin, biaya yang harus dikeluarkan Rp 250 ribu. Murah banget kan yah! Jangan khawatir, bengkel resmi Suzuki dengan pelayanan ini akan memberikan garansi loh.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *