Rawon Daging

Menu Sarapan Khas Arek Malang yang Harus Kamu Coba!

Satu aktivitas yang tidak boleh luput ketika berwisata ke kota atau tanah kelahiran orang lain adalah mencicipi makanan khasnya. Ya, wisata kuliner itu sama pentingnya dengan wisata destinasi alam. Sebelum memulai aktivitas berkeliling Kota Apel dan memborong buah tangan dari pusat oleh oleh Malang seperti toko oleh-oleh Pia Mangkok, yuk simak dulu beberapa menu sarapan khas arek Malang yang harus kamu coba ketika mengunjungi kota ini!

Orem-orem

Orem-orem adalah salah satu makanan khas Malang yang terbuat dari campuran irisan tempe goreng, tahu, ayam, telur rebus, tauge, ketupat iris, kemudian disiram dengan kuah santan kental berwarna kuning. Meski tampilan akhirnya mirip seperti opor, orem-orem punya cita rasa mirip sayur lodeh. Hanya saja, kuahnya sedikit lebih pedas.

Orem Orem
(Gambar: IDN Times)

Mencari orem-orem di Kota Malang tentu tidak akan sulit, mengingat hidangan ini merupakan makanan khas kota ini. Salah satu rumah makan orem-orem yang bisa kamu singgahi di pagi hari adalah Orem-Orem Arema milik Pak Alex Suprapto, dekat Universitas Negeri Malang.

Nasi Kremikan

Penamaan kremikan atau “nano-nano” berasal dari lauk pauk yang tersedia dalam sajian makan pagi ini. Nasi kremikan sebetulnya mirip seperti nasi campur, yakni hidangan nasi yang dilengkapi dengan berbagai macam lauk. Nasi kremikan khas Malang biasanya terdiri dari nasi hangat, empal, udang, paru goreng, bihun, dan taburan kremes. Psst, sambal atau kecap juga tersedia, kok!

Nasi Kremikan
(Gambar: instagram.com/kevinhorax)

Kamu bisa mencoba menu ini di Warmob 88 yang berlokasi di Jalan Pajajaran, Klojen. Sebagai patokan, warung makan ini hanya berjarak 400 meter dari Stasiun Malang!

Rawon

Rasanya tidak lengkap kalau tidak memasukkan hidangan satu ini. Pasalnya, makanan berkuah hitam dari kacang keluak ini merupakan hidangan khas Malang, selain orem-orem. Sepiring atau semangkuk rawon biasanya diisi oleh potongan daging berbentuk dadu, tauge, telur asin, daun bawang, kerupuk udang, empal, sambal, dan tentu saja nasi. Rasa gurih dan khas dari rempah-rempah Indonesia dan keluak bisa menyegarkan semangat kamu di pagi hari.

Nasi Rawon Daging
(Gambar: Masak Apa Hari Ini)

Berhubung makanan ini merupakan sajian khas Malang, tentu mencarinya tidak akan sulit. Restoran khusus rawon yang legendaris di Malang, bahkan, bukan hanya satu. Dilansir dari IDN Times, kamu bisa mencicipi rawon di Rawon Rampal, Rawon Nguling, Rawon Tessy, Rawon Glintung, ataupun Rawon Brintik. Semuanya enak!

Nasi Pecel

Kalau kamu cari sarapan “ringan” (alias tidak daging-dagingan) dan sehat, nasi pecel adalah pilihan paling tepat. Dengan kombinasi rebusan sayur kangkung, kol, kacang panjang, tauge, daun kemangi, tempe goreng, sejumput nasi, dan peyek yang disiram kuah kacang, sarapan kamu bakal cukup kenyang tanpa buat begah.

Nasi Pecel
(Gambar: Pegi Pegi)

Makanan khas Jawa Timur ini juga sangat mudah sekali ditemukan di Kota Malang, Provinsi Jawa Timur. Hampir di seluruh penjuru kota, kamu bisa menemukan nasi pecel yang enak. Kamu bisa temukan makanan ini di daerah Blimbing, Lowokwaru, ataupun Klojen.

Nah, itu dia beberapa menu sarapan khas arek Malang yang harus kamu coba ketika berkunjung ke sana. Menu mana yang paling menggugah selera kamu?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *