Inilah Yang Menyebabkan Udara Terjebak di Saluran Pipa

Inilah Yang Menyebabkan Udara Terjebak Di Saluran Pipa!

Sudah menggunakan sambungan untuk saluran pipa air yang kualitasnya bagus bukan berarti masalah terselesaikan. Ada banyak hal yang bisa membuat saluran pipa tersendat dan macet mengeluarkan air. Salah satu pemicunya ialah udara. Udara yang memenuhi pipa akan membuat air tidak bisa mengalir. Kondisi ini semakin parah bilamana saluran airnya sangat panjang. Air akan terhalang masuk ke saluran dan terjadilah kondisi yang dikenal dengan sebutan masuk angin.

Pertanyaannya ialah apa yang menyebabkan kondisi tersebut? Penyebabnya cukup beragam. Diantaranya adalah sebagai berikut ini.

Pertama, udara masuk secara perlahan dari aliran air. Kondisinya ini biasanya tidak terjadi seketika. Melainkan butuh proses yang cukup lama sampai akhirnya udara memenuhi rongga pipa.Kemungkinan utamanya ialah pipa di ujung tandon tidak terendam air secara penuh. Ada ruang yang membuat air dan udara masuk secara bersamaan.

Baca Juga: Cara Membuat Pipa Saluran Air di Kamar Mandi

Ketika saluran akhirnya ditutup, udara akan terkonsentrasi dan berkumpul di bagian rongga pipa. Udaranya akan terus penuh dan semakin memanjang. Hal inilah yang membuat pipa tidak lancar, bahkan bisa berhenti untuk mengalirkan air. Solusinya ialah membuka sambungan pipa untuk mengeluarkan udaranya.

Saluran Pipa Macet dan Mampet
Gambar: Klopmart

Kedua, terdapat kebocoran pipa di sepanjang instalasinya. Meskipun kebocorannya kecil, ini bisa menjadi biang masalah. Udara bisa memasuki lubang kecil tersebut sehingga membuat pipa penuh dengan angin.Menyadari akan hal ini, sudah semestinya Anda segera memperbaiki kebocoran yang terjadi.

Jika tidak ingin repot mengganti, pastikan untuk menggunakan pipa yang tahan kebocoran. Salah satunya ialah pipa rucika yang dibuat dari bahan kualitas tinggi.

Ketiga, adanya rongga kecil pada sambungan. Ini bermula dari teknik penyambungan yang kurang pas. Hal inilah yang membuat udara masuk dan menimbulkan penumpukan udara di dalamnya.

Pada prakteknya, Anda butuh sekali melakukan penyambungan yang rapat. Di lain sisi, Anda juga tidak disarankan untuk melakukan pengeleman pipa secara keseluruhan. Khawatirnya bila terjadi masuk angin, Anda yang repot sendiri.

Baca Juga: Solusi Untuk Air PDAM yang Sering Mati

Usahakan untuk menentukan mana sambungan yang harus dilem sempurna, mana sambungan yang nantinya dijadikan bukaan saat masalah terjadi.  Khusus untuk bukaannya, carilah tempat yang memang mudah untuk dijangkau sehingga proses pengeluaran angin jauh lebih mudah.

Sisanya, Anda bisa merekatkan dengan sempurna dengan memanfaatkan lem. Perekatan sambungan pipa dengan lem bakalan membuat tekanan air lebih sempurna. Sebagai langkah preventif mencegah masuk angin, pastikan tandon air tetap merendam pipa secara keseluruhan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *