Tips Ciptakan Box Makanan Ramah Lingkungan.gif

Ingin Ciptakan Box Makanan Ramah Lingkungan? Simak Tips Berikut!

Dengan milyaran ton tempat pembuangan sampah secara global setiap tahun, masyarakat menjadi semakin sadar lingkungan – dari makan lebih berkelanjutan hingga menggunakan kembali kantong belanjaan.

Akibatnya, permintaan mereka untuk opsi ramah lingkungan tumbuh dan perusahaan harus mempertimbangkan cara untuk menggunakan bahan dan metode yang lebih ramah lingkungan ketika memproduksi barang seperti box makanan untuk dijual ke pasaran.

Anda barangkali masih bertanya-tanya, apakah strategi atau langkah menggunakan metode ramah lingkungan pada bisnis Anda ini merupakan sesuatu yang tepat untuk dilakukan? Beberapa orang mungkin akan mengatakan tidak dengan alasan hal ini akan meningkatkan ongkos produksi dan juga memakan lebih banyak waktu.

Tetapi sebenarnya langkah untuk menerapkan langkah yang lebih ramah lingkungan pada bisnis Anda bisa jadi sesuatu yang tepat karena beberapa alasan.

Misalnya saja, menurut survei sebuah survei yang dilakukan oleh lembaga bernama Tandberg, diketahui bahwa lebih dari setengah konsumen (di berbagai negara dunia) mengatakan mereka lebih suka membeli dari perusahaan yang punya reputasi peduli terhadap lingkungan dan keberlangsungan alam.

Bahkan fakta lain menyebutkan, bahwa sebesar 21% konsumen yang disurvei oleh sebuah perusahaan makanan mengatakan mereka akan secara aktif memilih merek yang dikenal memiliki kredibilitas memperhatikan berbagai aspek keberlanjutan dan juga ramah lingkungan terhadap produk yang dipasarkan.

Hal ini menunjukan jika sebuah produk atau bisnis dipasarkan dengan melibatkan kampanye ramah lingkungan, maka produk atau bisnis tersebut akan menarik lebih banyak pelanggan.

Selain itu para pelanggan juga diketahui cenderung menghubungkan sebuah merek dengan konsep keberlanjutan yang mengamankan tempatnya di benak pelanggan.

Apabila sebuah merek memiliki citra yang ramah lingkungan maka besar kemungkinannya pelanggan akan tetap loyal kepada merek tersebut

Ketika orang-orang semakin sadar akan dampak kehidupan modern di planet ini, demografis orang-orang yang mendukung gerakan pro-lingkungan meningkat.

Meskipun ini merupakan upaya yang dimaksudkan dengan baik untuk melindungi ekosistem, itu juga menjadi tren, sehingga perusahaan yang menawarkan kemasan ramah lingkungan akan menarik kelompok yang tumbuh cepat ini.

Menjadi ramah lingkungan bukan hanya sesuatu yang tren pada saat ini. Kebijakan potensial pemerintah mungkin segera berlaku yang berarti pengemasan yang ramah lingkungan menjadi wajib.

Namun sebenarnya dengan memutuskan bisnis Anda menjadi sesuatu yang ramah lingkungan ada berbagai keuntungan yang bisa didapatkan. Mulai dari mengurangi bahan yang digunakan, pembuatan bisa berakhir lebih murah dan paket menjadi lebih ringan, oleh karena itu pengiriman menjadi lebih murah juga.

Selain itu, semakin banyak perusahaan yang meminta bahan daur ulang akan mendorong produsen untuk memproduksi lebih banyak dan selanjutnya menurunkan biaya produk-produk tersebut.

Namun, sebelum memutuskan sepenuhnya menggunakan pendekatan ramah lingkungan untuk produksi kotak makan ada beberapa hal yang perlu diperhatikan.

Pemilihan bahan memainkan peranan penting

Bahan-bahan seperti kardus, kertas karton, dan plastik dapat dilarutkan, dan berguna untuk produksi barang baru.

Karton dan kertas – Mereka biodegradable, dapat didaur ulang, dan dapat digunakan kembali. Sedangkan papan kertas itu punya bobot yang ringan, namun kuat.

Mereka dapat digunakan untuk mengemas produk mulai dari obat-obatan hingga makanan beku hingga kosmetik. Kotak pizza yang dibuat dari papan bergelombang membantu mempertahankan panas dan kesegaran pizza untuk waktu yang singkat.

Plastik yang dapat terurai secara hayati – Saat terpapar sinar matahari, plastik tersebut dapat terurai. Ini juga digunakan untuk membuat amplop yang biasanya digunakan untuk pengiriman massal. Plastik biodegradable adalah alternatif yang layak dan praktis untuk plastik tradisional.

Material yang optimal

Penggunaan material yang dioptimalkan termasuk volume dan massa yang lebih rendah (rasio produk terhadap kemasan), lapisan kemasan berkurang, kemasan itu sendiri berkurang, dan sebagainya merupakan hal yang penting diperhatikan untuk membuat desain kotak makanan yang ramah lingkungan.

Dengan bantuan software seperti TOPS Pro dan Cape Systems, Anda akan dapat mengetahui kombinasi optimal bahan kemasan dan ukuran kotak. Sekalipun produk Anda memiliki bentuk dan ukuran yang aneh, perangkat lunak ini akan dapat mengetahui kombinasi dengan akurasi tinggi.

Sekarang, Anda harus memastikan bahwa produk Anda menjangkau pelanggan secara utuh. Alih-alih menggunakan bungkus gelembung tradisional, Anda dapat menggunakan gulungan bantalan udara terbaru.

Mereka hemat biaya, dan Anda akan dapat menghemat ruang penyimpanan. Selain itu, daripada menggunakan styrofoam, yang berdampak buruk bagi lingkungan, Anda dapat memilih jenis bahan yang lebih ramah lingkungan. Bahan-bahan ini selain ramah lingkungan, juga kuat dan relatif lebih hemat untuk ongkos produksi.

Buat sesederhana dan seminimalis mungkin

Menggunakan kotak besar untuk barang kecil tidak masuk akal. Itu adalah total buang-buang ruang dan material. Yang dapat Anda lakukan adalah membuat kotak kemasan khusus untuk produk Anda.

Ini akan membantu Anda menghemat bahan dan ruang di seluruh proses distribusi. Sejumlah besar pemborosan seperti ini terjadi di tingkat pergudangan dan pengecer. Kemasan minimalis tidak hanya akan membedakan Anda dari pesaing Anda, tetapi juga akan lebih menarik bagi konsumen yang sadar lingkungan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *