Cara Membuat Pipa Saluran Air di Kamar Mandi

Cara Membuat Pipa Saluran Air di Kamar Mandi

Pada saat membuat kamar mandi, ada beberapa hal yang harus diperhatikan, terutama pada pembuatan saluran air, untuk kamar mandi setidaknya anda harus memasang 2 sampai 3 saluran air, yaitu saluran untuk bak mandi dan saluran air untuk toilet. Biasanya pemasangan pipa air yang akan dialirkan dari tangki atau PAM  ke bak mandi biasanya melewati dinding atau di atas lantai kamar mandi, atau bisa disesuaikan dengan tata letaknya.

Kemudian pada saat membuat bak mandi anda jangan sampai melewatkan untuk membuat pancuran air nya, buat pancuran air dengan cara melubangi bagian tengah pada dinding bak sebesar pipa air berukuran 1.5 inci, setelah itu masukkan pipa berukruan sama, dengan panjang pipa kurang lebih 5 sampai 10 cm, pasangkan juga sambungan pipa dan keran untuk mengatur keluar dan masuknya aliran air.

Sedangkan untuk saluran pembuangan air kotor bekas mandi, bisa dengan cara melubangi lantai kamar mandi sebesar pipa berdiameter 3 inci, lalu pasangkan pipa air berdiameter 3 inci dengan mengarahkan pipa ke arah bawah tanah atau ke tempat pembuangan utama atau septy tenk. Pasang juga alat penyaring pada lubang bagian atas tujuannya untuk menyaring benda-benda besar seperti plastik, atau rambut, yang bisa menyebabkan saluran air mampet atau tersumbat.

Saluran Air di Kamar Mandi
Sumber Gambar: KlinKlin

Umumnya kamar mandi dilengkapi dengan kloset, nah cara memasang kloset yang benar adalah, karena pada bagian kloset itu terdapat lubang atau flange kloset, supaya pembungan air kotor bisa dialirkan ke tempat pembuangan utama. Pasangkan flange kloset dengan pipa tersebut dengan menggunakan baut dan lem, pastikan flange kloset dan pipa tersebut terpasang dengan benar, supaya tidak terjadi kebocoran.

Penggunaaan pipa untuk kloset/ saluran pembuangan harus menggunakan pipa berdiameter 4 inci, supaya aliran nya mengalir dengan lancar tidak mapet atau tersumbat. Dan untuk menghindari kebocoran pastikan menggunakan pipa yang kuat, tahan lama, tahan terdahap tekanan air, tahan terhadap suhu, dan tahan terhadap bahan-bahan kimia.

Namun jika saluran air pembuangan dari kloset tersumbat, anda bisa melakukan beberapa langkah ini, yaitu anda bisa menggunakan karet pendorong yang dimasukkan kedalam lubang kloset, kemudian karet pendorong tersebut anda gerakkan ke atas, kebawah kesamping, lakukan sampai vartikel-vartikel yang mengahalangi aliran air masuk kedalam. Atau jika cara ini belum efektif mengatasi kloset yang tersumbat, anda bisa menggunakan langkah yang kedua yaitu dengan menggunakan closet auger. Demikian itulah cara membuat saluran air di kamar mandi, Anda bias menggunakan produk pipa air dari Rucika.

Semoga informasi diatas bermanfaat bagi Anda, dan terimakasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *