Kredit Mobil Baru

Bagaimana Tips Cermat Manajemen Keuangan untuk Kredit Mobil Baru?

Mengambil cicilan atau kredit mobil baru tentunya membutuhkan banyak pertimbangan. Salah satu yang paling penting adalah manajemen keuangan. Pastikan finansial cukup agar tidak terjadi masalah di kemudian hari.

Lalu bagaimana tips cermat melakukan manajemen keuangan? Anda akan mendapatkan jawabannya pada pembahasan di bawah ini, simak sampai akhir ya!

Manajemen-Keuangan-saat-Kredit-Mobil
Gambar: Freepik

Lakukan Cara Manajemen Keuangan Ini untuk Kredit Mobil Baru

Seperti yang sudah dijelaskan di atas bahwa alasan mengapa seringkali seseorang gagal dalam melakukan pembayaran kredit setiap bulannya karena belum ada perhitungan atau manajemen yang matang terkait kemampuan membayar.

Setidaknya Anda harus melakukan beberapa cara manajemen di bawah ini agar rutin dalam membayar cicilan:

1.    Menghitung Pengeluaran

Pertama kali yang harus dilakukan jika akan kredit mobil baru adalah menghitung berapa jumlah pengeluaran pada setiap bulannya.  Pisahkan mana yang menjadi prioritas dan mana yang tidak.

Terlebih sekarang sudah banyak aplikasi yang membantu pencatatan dalam keuangan harian, sehingga Anda bisa membatasi membeli sesuatu yang tidak terlalu penting. Hal ini penting dilakukan agar Anda nantinya bisa menyisihkan jumlah pembayaran kredit.

2.    Menentukan Jumlah Hutang Maksimal

Tips yang kedua, Anda harus menentukan berapa jumlah hutang maksimal yang bisa ditanggung atau dicover dalam kondisi keuangan Anda. Perlu menjadi catatan bahwa hutang tidak boleh melebihi 30% dari jumlah penghasilan.

Hal itu akan berdampak pada keseimbangan keuangan secara pada umumnya. Jadi Anda harus benar-benar mencari kredit mobil yang pembayaran bulannya tidak lebih dari 30% dari jumlah gaji atau pendapatan.

3.    Tetap Menabung

Menabung tentunya adalah hal penting yang harus dilakukan. Mengapa? Walaupun Anda memiliki hutang atau cicilan yang harus dibayarkan pada setiap bulan, menabung mampu mengatur keuangan.

Besar tabungan harus mencapai 10% dari total gaji per bulannya. Bisa lebih, namun usahakan tidak kurang. Fungsinya sebagai antisipasi jika terjadi sesuatu hal yang tidak diinginkan dan berhubungan dengan keuangan.

Maksudnya jika Anda memiliki tabungan, maka masih mengcover sejumlah biaya yang tak terduga tadi. Sampai sini bisa dipahami kan?

4.    Memisahkan Rekening

Cara yang keempat adalah memisahkan rekening antara tabungan, cicilan hutang dan biaya hidup sehari-hari. Tujuannya agar ada pembatasan pengeluaran dan Anda bisa mengelola keuangan secara lebih teratur.

Nah khusus untuk rekening hutang dan cicilan, Anda seharusnya bisa menerapkan sistem pembayaran otomatis melalui bank. Tujuannya agar terhindarkan dari kelalaian pembayaran dan denda keterlambatan.

Anda juga bisa memasukkan berbagai macam tagihan di rekening tersebut seperti telepon, asuransi, listrik, air dan masih banyak lagi yang lainnya.

5.    Memilih Jasa Kredit Mobil yang Terpercaya

Selain melakukan beberapa pengaturan keuangan di atas, Anda juga harus memilih jasa kredit mobil baik baru atau bekas yang terpercaya. Tak kalah pentingnya, cari yang mampu melakukan analisa perihal kemampuan finansial.

Jadi tidak ada lagi kejadian telat membayar cicilan atau yang lainnya. Anda juga bisa mendapatkan spesifikasi mobil yang terbaik. Jika Anda bertanya dimana tempatnya, maka jawabannya adalah SEVA.

Caranya mudah, Anda tinggal membuka website www.seva.id dan akan menemukan berbagai mobil yang bisa dicicil atau dibeli cash. Anda juga boleh berkonsultasi terlebih dahulu terkait kemampuan finansial yang dimiliki. Sampai sini bisa dipahami kan?

Kapanlagi Anda mendapatkan kelebihan ini. Sudah memiliki mobil impian, dibantu analisa finansial pula. DImana lagi kalau bukan di SEVA, Melayani konsultasi selama 24 jam jadi kapanpun Anda tertarik untuk membeli mobil, maka menghubungi customer service adalah jalan keluarnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.