5 Tips Membeli Mobil Bekas di Balai Lelang Mobil dengan Aman

5 Tips Membeli Mobil Bekas di Balai Lelang Mobil dengan Aman

Apakah Anda memiliki rencana untuk membeli mobil bekas di balai lelang mobil? Jika ini merupakan pengalaman pertama Anda, maka sebaiknya Anda mencermati beberapa hal agar tidak kecewa.

Perlu Anda tahu, membeli mobil bekas tidak hanya bisa dilakukan melalui dealer mobil bekas ataupun platform jual beli online namun juga melalui balai lelang. Jika dibandingkan dengan pembelian mobil melalui dealer, membeli mobil bekas melalui balai lelang memang memberikan beberapa keuntungan untuk Anda. Beberapa diantaranya seperti harga mobil yang relatif lebih murah, banyaknya pilihan mobil yang ditawarkan, proses jual beli yang lebih praktis, dan lain-lain.

Nah, jika Anda baru ingin mencoba mengikuti kegiatan lelang mobil perusahaan, sebaiknya Anda memperhatikan beberapa hal berikut ini agar bisa memperoleh mobil bekas dengan aman. Simak infonya berikut ini.

Tips Membeli Mobil Bekas di Balai Lelang Mobil

1. Hanya membeli mobil melalui balai lelang resmi

Ketika memilih balai lelang mobil, Anda perlu memastikan terlebih dahulu apakah balai lelang tersebut terdaftar secara resmi atau tidak. Berdasarkan info yang diperoleh dari antaranews.com, Operation Head Balai Lelang Auksi, Bady Qadarsyah mengungkapkan bahwa lelang harus memiliki iklan resmi yang diterbitkan di media cepat sebagai pemberitahuan kepada masyarakat luas dan balai lelang yang terdaftar tersebut pasti memiliki pool untuk menyimpan kendaraan yang akan dilelang.

Selain itu, Anda juga bisa mencari balai lelang resmi dengan mencari banyak informasi lelang mobil di internet. Cari tahu, testimoni dari peserta lelang sebelumnya untuk mengetahui apakah balai lelang tersebut memberikan pelayanan yang profesional.

cari info tentang mobil yang ingin dibeli
Gambar: Bobatoo

2. Cari info yang mendalam tentang mobil yang ingin dibeli

Agar Anda tidak merasa kecewa dengan harga yang didapatkan nantinya, Anda perlu mencari informasi sebanyak mungkin tentang harga pasaran dari mobil yang Anda incar. Selain itu, perlu Anda ketahui bahwa mobil lelang memiliki beragam kondisi. Oleh karena itu, Anda perlu mencari tahu juga berapa harga wajar sebuah mobil bekas dalam kondisi minus ataupun mulus.

3. Sebaiknya jangan fokus ke satu unit mobil saja

Tips membeli mobil bekas di balai lelang mobil yang selanjutnya adalah tidak hanya fokus pada satu unit mobil lelang saja. Kami menyarankan agar Anda memiliki beberapa mobil incaran saat lelang berlangsung. Dengan demikian, Anda akan memiliki opsi lain jika mobil pilihan yang pertama gagal untuk dimenangkan.

Balai lelang sendiri pada umumnya akan menyediakan banyak unit mobil lelang. Jadi, Anda akan memiliki banyak pilihan mobil yang bisa ditawar. Kemungkinan besar, Anda juga bisa menemukan mobil bekas dengan merek atau tipe yang Anda impikan.

4. Jangan lupa cek kondisi fisik mobil lelang

Balai lelang mobil sebenarnya sudah memberikan informasi yang lengkap terkait kondisi mobil yang akan dilelang melalui websitenya. Meskipun begitu, Anda tetap harus memeriksa kondisi fisik mobil secara langsung dengan cara mengikuti kegiatan open house yang mereka adakan. Melalui cara ini, Anda dapat memahami bagaimana tampilan eksterior dan interior mobil serta performa mobil bekas yang akan Anda tawar.

cek kondisi fisik mobil lelang
Gambar: Freepik

Apabila Anda tidak terlalu memahami cara memeriksa kondisi mobil secara menyeluruh, ada baiknya jika Anda mengajak orang yang benar-benar paham. Anda juga bisa meminta tolong seorang mekanik untuk membantu memeriksa kondisi dari unit mobil lelang tersebut.

5. Jaga emosi ketika lelang berlangsung

Seperti yang kita tahu, lelang merupakan kegiatan jual beli yang ditawarkan kepada banyak orang. Dalam kegiatan lelang tersebut, peserta dengan penawaran tertinggi akan ditentukan sebagai pemenang dan berhak untuk mendapatkan unit lelang tersebut.

Pada saat lelang berlangsung, tidak jarang peserta akan terbawa emosi sehingga menawar dengan harga yang terlalu tinggi. Hal ini justru dapat membuat Anda rugi karena menawar barang lelang dengan harga yang lebih tinggi dari harga pasaran. Padahal, salah satu keuntungan yang bisa diperoleh saat mengikuti lelang adalah harga yang lebih terjangkau.

Jadi, sebaiknya jaga emosi ketika lelang berlangsung. Anda harus tetap fokus untuk menawar mobil sesuai dengan budget yang telah Anda tetapkan untuk mobil bekas tersebut. Tips mengikuti lelang mobil bekas yang sudah kami sebutkan di atas bisa Anda coba terapkan agar tidak kecewa dengan hasil yang diperoleh. Selamat mencoba!

Leave a Reply

Your email address will not be published.